Cara Upload Video yang sudah pernah diupload di youtube

Jadilah manusia yang bermanfaat. Teruslah berbagi, Apa yang kamu beri bagi mereka mungkin sangat berarti.
Cara Upload Video yang sudah pernah diupload di youtube

Ini trit khusus cupu dan buat yang gak mampu beli ebook/dvd tips main youtube.. advanced youtuber bisa skip trit ini.

Tips ini bukan dari hasil comotan premium ebook ataupun dvd mungkin.. ini hasil dari pencarian saya sendiri selama bergelut jadi pemain zombie. bila ada kesamaan trik.. tetep balik ke poin satu.. pokoknya saya gak nyomot trik-nya siapapun..

Sebetulnya topik ini mau aku angkat di vlog ku yang akan mau ku bangun, tapi berhubung untuk bikin video masih belum sempat, sempatnya cuman nulis.. ya udah bikin artikel aja di adsid.
vlog-nya nyusul belakangan sampe urusan kerjaan offline kelar. hehehee...

Jujur aja, sebetulnya ini tips males modal (ngajarin orang jadi zombie),, namun cara ini terpaksa bisa pean gunakan bila bener-bener gak punya modal (misal perangkat kamera dll).

Main youtube bagiku ada dua :
1. Main youtube kayak youtuber-youtuber disana (misal Casey Neistat, Bayu skak, atau siapa ajalah itu namanya yang bikin konten sendiri..) aku sebutin youtuber kek mereka sebagai : real vlogger.
2. Main youtube pake video orang lain, bisa berupa kompilasi dsb.. aku sebutin youtuber model gini sebagai : ghost vlogger.

Dalam hidup, selalu ada pilihan... bila kita kelaparan,, pendapatan gak ada, kadang jalan pintas musti kita pilih agar dapur bisa ngepulin asap.. (kebakaran kali,, kompor mbledug...). dalam hal ini jika dikaitkan ke urusan youtube.. pilihannya ada dua.. mau jadi real vlogger atau ghost vlogger? semua kembali ke keputusan kita dan kondisi resource kita.

Untuk jadi real vlogger, paling tidak, seminim-minimnya kita musti punya perangkat kamera, meski itu pakai kamera HP, komputer dll..
Sedangkan untuk menjadi ghost vlogger, kita cuman butuh modal Polite, komputer serta koneksi internet (bisa koneksi inet pribadi atau sewa ke warnet.) paling apes kalo gak punya komputer ya bisa langsung sewa ke warnet.

Dan di trit ini, saya sengaja membahas tips dasar namun vital untuk diketahui bagi anda yang mungkin dengan sangat terpaksa harus memilih menjadi ghost vlogger, entah karena alasan gak punya perangkat ini dan itu atau lain hal..

Oke.. sebelum pean memutuskan jadi ghost vlogger, yang jelas musti punya visi buat channel yang akan dibangun ntar.. misalnya topik yang akan dibawakan. tapi saya gak akan fokus ke hal itu..
disini akan lebih saya tekankan gimana caranya kita main video re-upload bisa terhindar dari strike content id atau sejenisnya.

Tool apa aja yang musti dibutuhkan..!?

1. Internet Browser Google Chrome.
2. Vidiq extension (My fav youtube extension selain Heartbeat dan tubebuddy, yang dua ini gak saya masukin disini ya.? saya rekomin pake vidiq aja.. oce banget soalnya.).
3. Video Downloader (Bisa IDM dan sejenisnya yang mampu capture video streaming)
4. Bandicam (tool ini cocok bagi pean yang males download video secara utuh, apalagi target pean bikin video kompilasi.. tool ini cocok untuk rekam video streaming pas pada menit-menit tertentu aja, jadi bisa lebih save time, save space..).

Pada point nomor 3 dan 4, saya gak akan njelasin cara pakainya.. secara anak SD udah bisa mainin gituan. setuju ya..?
Untuk tool seperti video editor gak akan saya bahas, persoalan tool untuk post production bisa di sesuaikan dgn kesukaan masing-masing.
Dan pada tips re-upload ini, yang kita jadikan rujukan situs video-nya ya dari youtube, untuk rujukan situs video yang lain, ntar ane kasih tambahan tips-nya.

Oke.. langsung ke langkah.. tutorial ini simple banget, jadi gak butuh penjelasan panjang lebar kok... yuk mari...

1. Pertama buka google chrome. setelah ke buka, pilih salah satu extensi dibawah ini, seorang youtuber, wajib google chrome-nya dipasangin extensi dibawah.

- Vidiq download
_https://chrome.google.com/webstore/detail/vidiq-vision-for-youtube/pachckjkecffpdphbpmfolblodfkgbhl?utm_source=chrome-app-launcher-info-dialog

2. Setelah vidiq udah kepasang di browser chrome, silahkan register gratis.. selanjutnya kita berburu video youtube sesuai dengan topik yang mau kita gunakan untuk video kita. cara ringkas dan simple-nya seperti apa? gunakan dengan cara ringkas dibawah ini, ketikkan dengan format seperti dibawah ini pada kotak pencarian video di situs youtube:

[judul/topik video],[creativecommons],[HD]
contoh penulisan aslinya jadi begini, sebagai contoh aja : braid hairstyles for summer,creativecommons,HD
ini diperlukan bila pean ingin mencari video dengan topik model braid hairstyle dengan lisensi creative commons dan dengan video resolusi HD. bila tidak ingin mencari video lisensi creative commons, tinggal hilangkan saja opsi penulisan creativecommons-nya..
nanti hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini..
braid_hairstyle_summer.jpg

Setelah itu cari video-video yang ingin di pake.. ingat.. meskipun contoh diatas menyertakan hasil pencarian pada video license creative commons.. tak ada salahnya kita perlu selektif memilih video dengan lisensi CC tersebut yang tidak menerapkan sistem revenue sharing (kasare omong bagi hasil).

Nah... karena ini video CC yang kita cari, maka agar kita terbebas dari revenue sharing, pastikan video tersebut memiliki informasi semacam ini bila anda memakai extensi vidiq.
youtube_CC_yang_bisa_dirampok.jpg
Pada bagian MCN tertulis None (lihat gambar diatas yang udah aku tandain)ini url video yang aku pake contoh diatas : _https://youtu.be/HgHaZ3U5s5g

Dan hindari video apapun, entah itu lisensi video CC ataupun Standard youtube license dengan tanda seperti dibawah ini pada informasi yang ditampilkan oleh Vidiq tercinta.

Sample video CC yang musti dijauhin (jangan dipake) :
avoid_cc_video.jpg
lihat.. pada bagian MCN tertulis StyleHaul (MCN umum mengenai youtuber perihal dunia fashion)
ini url video sample diatas : _https://youtu.be/h3TCSt3TCAo

Sample video Standard youtube license yang juga musti di jauhin ( jangan dipake ) :
avoid_standard_yt_lic.jpg
Contoh gambar diatas, video tersebut di proteksi oleh content id milik channel video tersebut. terlihat ada kesamaan nama channel dan nama content id seperti yang di tunjukkan oleh vidiq.
dibawah ini url video diatas : _https://youtu.be/hWHG4m16rCM

Conclusion :
Apapun jenis lisensi video-nya, gunakan video yang bagian MCN-nya tertulis NONE,
Dan jauhi video yang bagian MCN-nya tertulis nama content id milik dari MCN atau milik dari yang punya channel video. ada banyak macam nama MCN seperti StyleHaul, Believe, Freedom dll, bahkan ada pula nama MCN yang menggunakan nama dengan huruf acak.

Meski terkadang vidiq menunjukkan nama MCN, terkadang video-nya masih bisa kita pakai tanpa terkena strike.. dan biasanya MCN yang tertulis itu MCN lagu yang terdapat pada video, biasanya MCN lagu itu bernama UMG, SONY atau yang lain.. saya gak menghafalnya. jadi video masih bisa di jarah, tp kita musti mengganti audio-nya saja.
untuk maksa metode ini, musti aware... kenali nama-nama MCN di youtube dulu.
Final step :
Wes.. dari tips diatas, setidaknya sekarang anda bisa lebih aman bermain video re-upload. anda tinggal mendownload video (bisa memakai bantuan sopwer seperti IDM atau mungkin extensi browser buat donlot video) lalu masuk ke Post Production, selesai langsung up ke channel.
*JAUHI YOUTUBE VIDEO EDITOR gunakan klo pas kpepet aja.

Tips-tips lain...
- Jika anda memakai video dengan sumber bahasa inggris,, maka up video reupload mu sebisa mungkin menggunakan judul yang berlainan, sukur-sukur judul videonya diganti menjadi bahasa selain bahasa inggris, misal ganti ke bahasa jerman, swedia, atau yang lain.. jadi kita nyasar viewer bule eropa yang beda bahasa.
ini untuk berjaga-jaga aja agar video kita gak di claim si pemilik. begitupun sebaliknya.. bisa dimengerti kan?

- Jika mengambil video dari situs video lain misal :facebook.com, dailymotion.com, vimeo.com, vine.co dll... pastikan video tersebut tidak ada di youtube, toh kalaupun ada, pastikan tidak terproteksi content id. cara lihatnya ya sama dengan vidiq diatas tadi.

- Cara maksa re-up video ber-content id (misal motogp dll) :
captain_mamarika.jpg
Biarkan gambar yang bicara, space sudah gak cukup.

Cara claim video yang di curi channel lain :
Nah.. diatas adalah cara kita menjadi youtuber tanpa modal (rampas video orang secara diam-diam).
agar trit ini tidak terkesan ngajarin orang untuk jadi maling, maka agar berimbang.. akan saya tunjukin cara untuk claim video anda yang mungkin di curi oleh channel lain, meski pun anda gak punya Content ID ataupun tidak join dengan MCN.
Caranya gimana? bilamana video anda ketahuan dicuri, maka masuk ke halaman dibawah ini :

_https://www.youtube.com/copyright_complaint_form
Silahkan isi data-datanya secara lengkap dan detail.. gak perlu diajarin.. tinggal translate aja dah beres kok.
tapi ingat,, jangan gunakan form ini buat ngejatuhin channel orang lain dengan mengada-ada bahwa kita pemilik video-nya (padahal kita gak pernah memiliki secara syah video yang akan kita claim), resiko-nya channel anda sendiri yang akan di babat sama youtube. karena anda sudah berani berlaku Abuse.

Nah... adil kan..?! oke.. segitu dulu, bilamana ada tips-tips yang lain, nanti akan saya update kembali, bilamana ada yang mau nambahin tips juga saya persilahken, nanti saya masukin ke page one juga.

Oke.. gunakan dengan bijak... inget ya..!? HIDUP ITU HARUS MEMILIH

Credit Mastah Der-Fuhler

Advertiser

Artikel terkait : Cara Upload Video yang sudah pernah diupload di youtube
Share this with short URL:
 
Tools Perampok