5 Tips Agar Email Marketing Anda Masuk ke INBOX

Jadilah manusia yang bermanfaat. Teruslah berbagi, Apa yang kamu beri bagi mereka mungkin sangat berarti.
Email adalah passportnya dunia maya. Tanpanya, kita tak akan pernah bisa merasuki area online secara utuh dan mendalam. Sebab hampir semua akun di internet membutuhkan email sebagai karcis masuk, dari jejaring sosial hingga forum paling ternama.
Maka, menyebut email sebagai sarana marketing online nomor wahid bukanlah sekedar kebenaran, melainkan sebuah ungkapan menyerupai sabda raja yang tak lagi terbantahkan.
5 Tips Agar Email Marketing Anda Masuk ke INBOX
email marketing - inbox
Masalahnya, mengirimkan email marketing adalah perkara yang gampang-gampang susah. Gampang jika kita sudah tahu caranya, tetapi susah jika kita tidak memahami teknik yang tepat.
Bagi banyak penyedia layanan akun email, alamat bertanda “@” ini dianggap sangat penting sehingga tak heran apabila secara default email memiliki folder inbox dan spam. Bahkan Gmail juga menyertakan berbagai varian tab untuk memisahkan email yang masuk ke primary, promotions, social, update dan lain sebagainya.
Tentu saja, email marketing terbaik adalah email yang masuk ke inbox (primary) dan bukan ke tab promotion yang (lebih) jarang dibuka, apalagi nyelonong ke folder SPAM.

Berikut 5 tips agar email marketing Anda masuk tepat ke INBOX penerima :

1. JUDUL : Email title merupakan hal terpenting pada sebuah email. Judul yang baik tak hanya mampu membuat open rate menjadi tinggi (yang berakibat click rate ikut tinggi), judul email juga menentukan apakah ia akan masuk ke inbox, tab promotion maupun spam. Hindari kapital terlalu banyak, kata-kata berbau spam dan tanda baca berlebihan. Jika memungkinan, gunakan personal tag di judul email yang Anda kirimkan (name, firstname, dll).
 
2. TEMPLATE : Jika Anda membuka tab promotion di Gmail, Anda pasti akan melihat jika lebih dari 90% email yang mendarat disana menggunakan template berisi gambar atau layout yang sama. YES, tab promotion memang dibuat Gmail untuk jenis-jenis email yang seperti itu. Buat apalagi? :v
Nah, guna memastikan email marketing Anda masuk ke inbox (primary), sebaiknya pilih email berjenis plain text yang tidak memiliki image. Faktanya, email jenis ini justru memberikan konversi yang lebih baik dibandingkan email dengan template-template paling keren sekali pun. Orang membuka email untuk membaca tulisan, bukan melihat gambar.
 
3. No RSS : Bagi pemilik blog/website, mengirimkan email marketing menggunakan RSS campaign memang pilihan yang mudah. Tetapi email jenis ini memiliki kecenderungan untuk masuk ke tab promotion. Maka pilihan lebih baik supaya email mendarat di inbox adalah dengan mengetik sendiri email secara manual. Kan rajin pangkal kaya :v
 
4. LINK : Sedapat mungkin, letakkan hanya 1 (atau 2) link saja di email marketing Anda. Semakin banyak link yang ada di email, semakin tinggi kemungkinan email masuk ke folder SPAM. Pastikan juga Anda membubuhkan hanya link-link yang “aman” (bukan porn, judi, dll), dan (bila perlu) shorten link Anda menggunakan bitly atau layanan penyingkat url lainnya.
 
5. INTERACTIONS : Tips terakhir tapi terpenting! Interaksi dan engagements dari penerima terhadap email yang Anda kirimkan adalah hal paling vital dalam email marketing.
Engagements meliputi open, click, star, mark as important, not spam, dan lain sebagainya.
Maka sebaiknya, kirimlah email marketing hanya kepada orang-orang yang berada di list Anda saja (yang secara sukarela pernah mendaftarkan email mereka). Sebab, sekalinya email Anda masuk ke inbox dan mendapatkan engagement yang baik dari penerima, maka email-email Anda berikutnya akan mengikuti tanpa kendala sama sekali.
Hindari mengirimkan email sembarang, terlebih membeli alamat email dari pihak ketiga yang tak jelas juntrungannya.
List building + email marketing = $$$
List building + email marketing = $$$
INGAT, email list adalah aset jangka panjang yang bisa Anda bangun tanpa batasan. Dan list building + email marketing adalah hal paling essensial dan vital yang harus dilakukan bagi apapun bisnis online Anda saat ini : paling murah, mudah dan efektif.
List building sekarang, email marketing kemudian. Sekali coba, Anda tak mau lagi kembali ke cara lama. Dijamin.
 
Share geratis!
*Notes ini dipersembahkan oleh ListKingdom.co - Kerajaan List Masa Kini :v
Semoga bermanfaat

Advertiser

Artikel terkait : 5 Tips Agar Email Marketing Anda Masuk ke INBOX
Share this with short URL:
 
Tools Perampok