Teknik Web 2.0 Sebagai Backlink

Jadilah manusia yang bermanfaat. Teruslah berbagi, Apa yang kamu beri bagi mereka mungkin sangat berarti.
Teknik Web 2.0 Sebagai Backlink

Teknik Web 2.0 Sebagai Backlink

Jika Anda adalah blogger atau publisher yang sudah lebih dari 10 tahun, mungkin pernah merasakan bagaimana mudahnya berada di halaman satu Google. Tanpa adanya usaha yang terlalu keras. Hanya tulis artikel, dan lupakan, dan akan merangking dengan sendirinya.

Yaps, itu jaman dahulu, saat kompetitor masih minim. Lalu sekarang? Widiiihh, kompetitornya bisa dibilang padet seperti macetnya Jakarta. :3

Banyak yang bilang, dan bahkan beberapa pakar bilang, "Backlink sudah tidak berpengaruh. Konten adalah yang paling utama." Yaps, saya tidak menyangkal hal itu. Memang benar bisa merangking, tapi entah waktunya kapan! Kapan? 5545 hari? :v Karena menunggu merangking dengan sendirinya bukanlah strategi yang terbaik buat Anda bukan?

Lalu Bagaimana??
... oke, sebelum menjelaskan lebih jauh, saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu web 2.0...
Web 2.0 adalah website atau blog yang dimana Anda bisa mendaftarkan secara gratis, namun berada di subdomain TLD. Beberapa contohnya adalah Blogspot, Tumblr, Wordpress, dll. (iniblog.blogspot.com, inibloggue.tumblr.com, iniblogku.wordpress.com)

Kurang lebih pengertiannya seperti itu. Namun kenapa kita butuh web 2.0? Apa sih yang menjadi kelebihannya? Oke, simpel saja, web 2.0 bisa mendapatkan authority secara cepat! Artinya, Anda tidak perlu pusing memikirkan metrik atau patokan yang terlalu rumit, seperti Domain Authority, dll. (Namun sebagian data bisa menjadi patokan)

Selain itu, Anda bisa membuat web 2.0 sebanyak yang Anda mau. Tak hanya itu, dengan web 2.0, Anda memiliki kontrol atas backlink yang Anda tanam, bukan orang lain.
Web 2.0 Baru atau Web 2.0 Zombie?

Mungkin beberapa dari kalian akan bertanya hal yang sama. Lebih bagus mana web 2.0 baru atau zombie?
Oke, ini sebenarnya tergantung strategi masing-masing, dan tergantung kemudahan kalian. Namun saya akan menjelaskan beberapa hal yang bisa menjadi patokan kamu.

Blog Baru :

- Kelebihan * Bisa memilih nama domain. Entah itu keyword on domain, keyword turunan, dll. * Masih fresh, belum ada backlink spam atau lainnya. * Tidak perlu khawatir mengecek apakah web 2.0 kita benar-benar bersih dari spam.
- Kekurangan * Harus diberi backlink jika ingin memiliki efek atau authority yang lebih besar. * Belum memiliki efek yang terlalu besar


Blog Zombie :

- Kelebihan * Sudah memiliki backlink dari history sebelumnya * Tidak perlu susah-susah mencari backlink tambahan * Tinggal digunakan sesuai selera (setelah di cek metrik sesuai kebutuhan seperti PA, Moz Rank, CF, TF, Backlink, dll)

- Kekurangan * Tidak bisa memilih nama domain * Harus di filter ulang
Oke, sekarang tinggal kamu pakai yang mana. Keduanya sama-sama bagus, dan bisa membantu ranking keyword yang kamu mau.

Cara yang terbaik untuk mencari tahu adalah dengan mencobanya!

Setelah menentukan cara yang mau kamu pakai, sekarang bagian terbaiknya atau yang paling penting adalah bagaimana Anda menggunakan web 2.0 ini.
Ramuan Web 2.0!

Konten Unik

Tidak peduli blog kamu long term atau short term, usahakan Anda membuat konten yang unik untuk blog kamu. Bahkan untuk dummy sekalipun!
Intinya adalah, Google suka dengan artikel yang unik. Saya tahu, ini akan memakan waktu, dan pikiran untuk membuat sebuah konten yang unik. Namun hal ini cukup penting untuk hasil yang terbaik.

Panjang Artikel dan Jumlah Post

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Membuat sedikit web 2.0 dan mengurusnya terus dengan mengisi banyak artikel. Atau membuat banyak web 2.0 dan hanya mengisi beberapa artikel saja. Namun disini saya akan menjelaskan cara “membuat banyak web 2.0” karena cara tersebutlah yang saya pakai.
Oke, untuk pertanyaan berapa banyak panjang kata yang dibutuhkan? Oke, 300-500 kata sudah cukup!
Untuk jumlah post pada 1 blog? Oke, seperti yang saya jelaskan tadi, ini tergantung metode kalian. Karena saya menggunakan banyak web 2.0, jadi saya hanya memberikan 2-10 artikel saja pada setiap web 2.0 yang saya miliki.

Oh iya, untuk cara postingnya, jangan sekali sekali langsung memberikan 10 posting pada web 2.0. Usahakan di bagi per hari agar terlihat lebih natural. Misalnya 1 artikel per hari.
Bangun Authority

Ada beberapa cara untuk membangun Authority untuk dummy kamu. Karena authority menjadi salah satu faktor ranking Google.


Pertama, yang bisa Anda lakukan adalah beri link ke authority site seperti Wikipedia, situs Google News, dan beberapa lainnya.

Kedua, Anda bisa menambahkan gambar dan video pada web 2.0 kalian. Kamu bisa menambahkannya melalui Youtube dan Vimeo untuk video. Usahakan memberikan video yang relevan dengan konten kamu.
Salah satu aspek lain yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan melakukan patern atau posisi yang sama pada semua post kamu. Maksudnya begini, jika sebelumnya kamu meletakkan gambar setelah paragraf kedua, maka usahakan pada post selanjutnya meletakkan gambar pada paragraf lainnya. Namun ini bukan patokan, hanya memberikan saran.


Lakukan seperti yang kamu inginkan, intinya adalah diversity atau memberikan perbedaan agar tidak di curigai dan terlihat real.

Web 2.0 Link Strategy

Nah, ini adalah kunci dari keberhasilan pada situs utama / money site kamu. Karena sebagian strategi link building berubah. Contohnya, jika beberapa tahun kebelakang Anda selalu memberikan backlink pada paragraf utama, mungkin mulai saat ini jangan lakukan lagi. Saran saya, beri sedikit perbedaan setiap post nya.

Anchor Text

Ada beberapa anchor text yang bisa Anda lakukan ketika link building. Anchor text ini juga menentukan apakah keyword yang kamu bidik berhasil atau tidak. Ok, ini sedikit contoh yang bisa kamu tiru.
Contoh Keyword : Cara Membuat Donat
  1.     Exact Match Anchor text : Cara Membuat Donat
  2.     Related Text : Membuat Donat yang Enak
  3.     related + melebar : Makanan Penutup Mulut
  4.     Generic : Klik Disini
  5.     Naked : cara-membuat-donat-.com
  6.     Brand : Dun*in Donut

Satu lagi yang jangan lupa, usahakan memberikan internal linking. Berikan link yang mengarah ke artikel lainnya yang sama-sama relevan. Karena ini akan terlihat lebih natural dan memberikan efek yang cukup bagus.

Oh iya, ada beberapa orang yang mengatakan “Web 2.0 dan PBN Tidak Work!” Bisa saya katakan, it’s something bullshit! Jangan terlalu percaya. Yang perlu kamu lakukan adalah coba dan lakukanlah. Jika berhasil, nikmatilah. Jika terkena penalti, kamu masih bisa membenahinya, karena kamu punya kontrolnya. Kamu hapus link yang sudah tertanam. Namun jika kamu melakukannya dengan benar, kemungkinan kecil terkena penalti!
List Web 2.0

    Jigsy.com
    WordPress.com
    Tumblr.com
    Jimdo.com
    Weebly.com
    Blogger.com
    Wix.com
    YolaSite.com
    Sites.google.com
    LiveJournal.com
    webnode.com
    webstarts.com
    dll


Kamu ada pertanyaan? Langsung ke komentar aja!
Akan selalu ada orang yang mengatakan jika ini tak berhasil. Namun, mereka bukan kamu bukan?

Advertiser

Artikel terkait : Teknik Web 2.0 Sebagai Backlink
Share this with short URL:
 
Tools Perampok