Jenis-Jenis Server Pada Web Hosting

Jadilah manusia yang bermanfaat. Teruslah berbagi, Apa yang kamu beri bagi mereka mungkin sangat berarti.
web server : Sebuah web server adalah sebuah sistem komputer yang memproses permintaan melalui HTTP, protokol jaringan dasar yang digunakan untuk mendistribusikan informasi di World Wide Web. Istilah ini dapat merujuk ke seluruh sistem, atau khusus untuk perangkat lunak yang menerima dan mengawasi permintaan HTTP.

Jenis-Jenis Server Pada Web Hosting

Jenis-Jenis Server Pada Web Hosting

Shared server

Pada shared server Anda berbagi tempat dengan pengguna lain. Sama seperti menjalankan bisnis di pasar konvensional, ada beberapa keterbatasan dan apa yang Anda lakukan bisa mempengaruhi pengguna lain, dan begitu juga sebaliknya. Tapi shared server lebih murah dibanding dedicated server. Harga shared hosting dengan penyedia layanan yang baik sangat terjangkau. Selain itu, semua yang Anda butuhkan untuk website bisnis berskala kecil ada di dalamnya. Anda bisa dapatkan tips mengembangkan bisnis berskala kecil di artikel dewaweb lainnya.

Virtual private server (VPS)

Virtual private server (VPS) adalah gabungan dari server dedicated dan shared. Anda bisa juga menganggapnya sebagai kelas yang lebih tinggi dari shared server. Menggunakan VPS sama dengan menjalankan bisnis di sebuah mall. Tidak seperti shared server, dimana Anda berbagi semua resource, VPS memiliki beberapa bagian dan tiap website menempati bagian yang telah ditentukan. Tiap bagian terpisah dan bekerja mandiri. Harga VPS ada diantara dedicated dan shared hosting. VPS bisa jadi solusi bila Anda menjalankan web dengan traffic tinggi.

Dedicated server

Dedicated server paling mudah penjelasannya. Sama seperti namanya, server ini tidak Anda bagi dengan pengguna lain dan tak ada siapapun yang bisa mengaksesnya. Anda bisa jalankan satu atau beberapa website, terserah Anda. Ini sama seperti memiliki bisnis sendiri di tanah milik pribadi. Anda bisa melakukan apapun secara virtual, tapi ini juga jadi pilihan yang paling mahal. Tidak seperti pilihan lain, Anda perlu memiliki kemampuan IT, atau mempekerjakan orang yang memiliki skill ini, karena semua yang Anda lakukan pada web terserah Anda.

Cloud hosting

Secara esensi berarti ada banyak server bergabung menjadi satu untuk memberi performa hosting yang lebih baik dan lebih cepat. Memiliki cloud hosting berarti kecepatan website lebih baik dan beban kerjanya seimbang. Kebanyakan orang mempertanyakan keamanannya karena ada banyak web yang berbagi cloud yang sama. Tapi bagi kebanyakan pengguna, ada lebih banyak keuntungan dibanding kerugiannya.

Colocated hosting

Colocated hosting mirip dengan dedicated hosting. Ini berarti Anda menempatkan server sendiri di lokasi service penyedia layanan, sama seperti memiliki server di kantor sendiri tapi ditempatkan di area yang spesifik dibuat untuk server.

Managed hosting

Managed hosting hampir sama dengan dedicated hosting. Anda punya server sendiri, hanya saja perbedaannya Anda tidak punya kontrol penuh. Dengan cara ini penyedia jasa mencegah pengguna mengubah konfigurasi atau modifikasi server. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa menata semua data Anda.

Reseller hosting

Pada reseller hosting, Anda sebagai klien bisa menjadi web host. Ini berarti Anda membeli layanan penyedia dan menjualnya ke pihak ketiga untuk mendapat keuntungan. Pilihan ini bisa berupa jenis hosting apapun tapi Anda perlu memiliki pengetahuan IT karena Anda akan menjadi host-nya, berarti semua masalah hosting akan Anda atasi sendiri.

Clustered hosting

Clustered hosting berarti Anda memiliki banyak server dengan host konten yang sama. Dengan begitu bila satu server perlu reboot atau down, situs Anda tetap online. Pilihan ini tepat untuk situs dengan traffic sangat tinggi.

Grid hosting

Grid hosting memanfaatkan beberapa server cluster yang bertindak seperti grid dan terdiri dari banyak bagian. Dengan begitu satu situs dengan bagian berbeda dari web bisa beroperasi secara mandiri.

Advertiser

Artikel terkait : Jenis-Jenis Server Pada Web Hosting
Share this with short URL:
 
Tools Perampok