Cara Mempercepat Render Adobe After Effect

Jadilah manusia yang bermanfaat. Teruslah berbagi, Apa yang kamu beri bagi mereka mungkin sangat berarti.
Cara Mempercepat Render untuk Adobe After Effect

Cara Mempercepat Render untuk Adobe After Effect

Secara default sistem render pada Adobe After Effect memakan 85% dari kinerja komputer. Untuk Merender dengan sedikit effect tanpa kompleksitifitas yang tinggi memang dirasakan cukup nyaman. Tetapi bila mengerjakan pada saat editing menggunakan berbagai effects akan memakan banyak waktu lama dalam proses perenderan, apalagi jika menggunakan codecs tambahan sebagai outputnya. Alhasil, prosesnya bisa berjam-jam untuk menghasilkan beberapa detik video saja. Dengan menggunakan plug-ins tambahan buatan GridIron yang bernama Nucleo, merender akan sedikit lebih cepat dibanding sebelumnya. Karena pada waktu merender, sistem komputer akan di Increase kinerjanya menjadi 100%, GridIron sendiri dalam versi terbarunya telah mencapai v.2.0 yang terbagi menjadi 2. yaitu GridIron Nucleo, dan GridIron Nucleo Pro. Perbedaan antara keduanya tidaklah cukup signifikan karena pada dasarnya plug-ins ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai sistem render. Hanya saja GridIron Nucleo Pro di rekomendasikan untuk para Profesional Editing, karena dapat secara bebas mengatur settingan yang ada pada fitur yang telah disediakan.

Sistem komputer yang direkomendasikan untuk menggunakan GridIron bisa dibilang tidaklah rendah. Dengan sistem minimal Dual Core atau Support Hypertrading, DDR minimal 2GB, serta Aplikasi Adobe After Effect 7.0 keatas GridIron dapat bekerja lebih stabil. Lalu bagimana jika komputer yang digunakan tidak memenuhi standart diatas ?
Download gridiron

Jawabannya GridIron Nucleo Pro tidak akan dapat bekerja untuk versi Adobe After Effects 6.5 kebawah. Sedangkan untuk spesifikasi komputer, GridIron Nucleo Pro akan tetap dapat digunakan, namun kinerja dari Nucleo Pro itu sendiri tidak dapat maksimal.

Bekerja dengan menggunakan GridIron Nucleo Pro v2.0

1. Pertama, Download GridIron Nucleo Pro v2.0
2. Ekstrack dan simpan pada directory yang diinginkan, kemudian Instal dan jangan lupa crack.
3. Instal pula UpdateLW, berhati-hati bila menginstal updateLW karena terdeteksi virus, sebaiknya non aktifkan dahulu sistem antivirus yang digunakan.
4. Buka lembar kerja Adobe After Effects, buka pula contoh lembar kerja yang akan dirender, jika tidak memiliki contoh download disini
5. untuk melihat RAM Preview kita bisa memilih Composition > Nucleo – Fast preview (Shift+Space), tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Maka preview akan dijalankan dalam keadaan realtime
6. Nucleo Pro juga dapat merender secara otomatis apabila kita mengubah suatu komposisi atau mengedit lembar kerja dengan menggunakan fasilitas Spec Preview(Ctrl+Space), namun saya tidak merekomendasikannya dikarenakan setiap perubahan yang dilakukan user maka Nucleo akan merender secara otomatis. Hal ini justru akan mengganggu aktifitas bekerja kita.
7. Background Render, digunakan untuk merender hasil akhir proses editing.


Masih banyak lagi yang dapat diatur, namun pada dasarnya kita hanya membutuhkan RAM preview dan Background Render.


Maaf jika ada kata-kata yang kurang jelas atau tidak dimengerti

Advertiser

Artikel terkait : Cara Mempercepat Render Adobe After Effect
Share this with short URL:
 
Tools Perampok